Online Shop’s Nightmare and NOT Recommended Online Shop Story

Kepanjangan ya judulnya? gapapa deh ya.. tadinya mau dibikin jadi 2 postingan, tapi biar ringkes dijadiin satu aja deh. 🙂

Awalnya entah mengapa, I feel this month is really not my month.. padahal di bulan ini kan akika ultah ya, jadi mestinya hepi-hepi, bukan begitu bukan?

Sebenernya bukan di kehidupan pribadi gue, tapi online shop yang udah gue jalanin setahun belakangan ini. Ndilalahnya, adaaaa aja bulan ini kendalanya.. *tarik nafas panjang*

Mulai dari yang paket cookies gue mostly remuk di ekspedisi, padahal resep – cara ngadonin – bentuk paket, ga ada yang berubah sedikitpun dari awal mula jualan sampai saat ini. Jadinya gue sekarang tiap ada yang order deg-deggannya bukan maen deh.. mau dibalikkin kayak awal pakai kurir, kok ya pasti sangat memberatkan customer, tapi kalau begini terus keadaannya ya buntung juga di guenya ya.. 😐 karena ya selama ini, gue tawarkan untuk ganti baru ketika cookies remuk, walaupun itu kesalahan dari pihak ekspedisi. Banyakan sih maklum, karena ya emang itu resikonya ‘jajan’ jauh-jauh, hehehhe.. tapi ada juga kok yang tiba-tiba gue buka bbm, komplenannya udah panjaaaaaaaaaaang banget, dan seperti biasa akan gue tawarkan solusi untuk penggantian, atau boleh banget pick up di rumah gue atau pakai kurir (yang emang ongkirnya 10x lipat ekspedisi). pastinya minta maaf, dan jengjeng, di delete contact tiba-tiba.. *senyum aja deh* 🙂

Lalu ada juga dengan customer yang booked barangnya lamaaaaaaa banget, sampe akhirnya nge gantung ga jelas statusnya tuh barang di rumah eyke, ditanyain.. ga ada respon.. tapinya banyak customer lainnya siap beli, nanya-nanya mulu. kan serba salah jadinya gue.. *ambil anduk meper aer mata*

Itu aja?

oooohhh tentu tidak, gong nya belom mulai nih… *drum roll*

akhirnya gue ngerasain juga yang namanya penipuan Online Shop. paiiit paiiit…. T_T

begini kronologisnya:

Jadi gue masuk di dalam suatu group bbm online shop, yang mana barang-barangnya bisa dijual lagi (untuk pelaku online shop, ini namanya Dropship). Nah, suatu hari OlShop ini masukkin foto-foto baru ke group nya, salah satunya tas, gue pasang di profil picture bbm gue untuk dijual lagi, beberapa customer order, transaksi pun berlanjut, dan akhirnya gue transfer sejumlah uang ke OlShop tersebut.

Foto yang dipasang di group bbm

Foto yang dipasang di group bbm

bukti pembayaran Rp 480.500 ke rekening atas nama Dara Ulfani

Awal perjanjian dia akan kirim hari jumat. oke. Jumat – Sabtu gue bbm untuk tanya apakah sudah dikirim? dia malah bilang: sabar yaaaaa… ini kan yang order banyak dan barang belum dateng. dan kasih icon merengut bete gitu. well okey, gue tanya kapan akan dikirim? hari minggu dia jawab.

Minggu siang, tiba-tiba dia ganti profile picture bbm, gambar tas, tapi beda, dan kemudian feeling gue langsung ga enak, berasa jantung gue udah mulai mencelos tuh ketika liat foto itu

foto bbm hari minggu

Langsung gue bbm saat itu juga:

sist tas nya sudah dikirim? dia bilang belum *makin deg-deggan*

itu tas yang di pp sis gambar asli tas nya?

dia jawab:

bukan sis, lain barang kok, emang ada beda-beda barangnya

okay.. tapi ga bisa bohong, feeling gue bener-bener udah mulai ga enak banget.

Sampai akhirnya, hari senin, baruuu aja bangun boboci enak-enak sama Darrell, ambil bb trus liat bbm. JDANG! berderet-deret muncul bbm dari customer gue, komplen abiiiiiissss soal tas yang diterima. ajegile bok, jauh bener! ibaratnya dia pasang foto Barbie Mattel punya yang dikirim   boneka beli dipasar. 😐

Foto dari customer

Detail jahitannya

Ya jelas lah customer gue ga mau terima barangnya & minta refund, gue sangat amat memaklumi kondisinya.

Tapi apa dikata apa dinyana dong, OlShop itu sama sekali ga mau bertanggung jawab, ga ada itikad baiknya sama sekali. dia tawarin untuk tukar, pas gue tanya, mana foto untuk tukarannya, dia kasih foto asli yang sama jeleknya sama barang yang dia kirim. OMG!

Dia selalu berkelit bahwa supplier dia ga mau terima pengembalian uang. Menurut nganaaaaa? ya jelas lah supplier dia ga mau tanggung jawab, wong yang melakukan transaksi kan gue & OlShop itu, bukan gue & supplier nya..

Supplier nya ga mau refund

Gue selalu menekankan poin masalahnya: yaitu dia ga konfirmasi dulu ketika barang datang beda dengan foto yang dia kasih ke gue

teteuuppp suppliernya ga mau ganti alasannya

Setelah beberapa bbm gue lontarin untuk minta pertanggung jawaban dia, ada saat dia no respond. Dan kemudian gue tanya lagi kelanjutannya, OlShop itu seperti ga merasa ada masalah, malah nanya balik: kenapa sist? *haaaaahhhhhh*

bisanya tukar dengan barang yang 11-12 sama yang dikirim BUKAN dengan barang yang di foto

kalau sudah tersudut no respond, ditanya lagi, berasa ga ada masalah 😐

Dia bilang, semua OlShop ga ada yang mau refund

Dia bilang, semua OlShop ga ada yang mau refund. Okey let me clear the problem ya.. kalau MEMANG barang yang dikirim sesuai dengan apa yang diiklankan, beda-beda tipis warna karena efek pencahayaan pas foto atau sekrup lepas tapi masih berfungsi, its okay. tapi kalau barang yang datang BUKAN barang yang dibayarkan gimana dong?

bbm terakhir, setelah itu no respon sampai saat ini

Setelah itu sudah ga ada lagi respond dari dia, entah apakah emang dia ga peduli, tambeng atau memang sudah sangat terbiasa dengan kondisi seperti ini. dengan sangat-sangat terpaksa, akhirnya gue naikkan ke status bbm dan gue posting disini bahwa OlShop itu benar-benar NOT Recommended Online Shop.

Beby qhu – NOT Recommended Online Shop

Gue tau dengan gue naikkin di status bbm atau gue posting di sini pun, uang customer gue ga akan kembali, dan gue pun tetap harus mengganti uang customer gue.

Tapi semoga, dengan banyaknya yang baca, atau berkenan untuk share, ReTweet atau copy link ini untuk di taruh di status bbm nya, korban nya ga semakin banyak.

Jujur gue akhirnya menulis ini, karena salah satu customer gue adalah temen gue, dengan adanya kasus ini entah sedikit atau banyak pastinya juga akan menimbulkan efek krisis kepercayaan kepada Online Shop – Online Shop yang lain, yang emang bener-bener niat jualan, yang ga semena-mena mengorbankan customernya.

Dear sist Dara a.k.a Beby qhu, saya sudah mengikhlaskan kejadian ini, anggep aja saya sedekah sama kamu. bahwasanya sungguh kalau kamu mampu mencari rezeki yang halal, tidur kamu akan lebih nyenyak, uang kamu akan lebih barokah.

Advertisements

2 thoughts on “Online Shop’s Nightmare and NOT Recommended Online Shop Story

  1. feni says:

    Ky nyaaaa yg dtg itu tas lokal sperti yg ku jual 65rb an… Hadehhhhhhhh…. Klo lokal emang yaaa sesuai hrga. Tp klo ngakunya import trus yg dtg sperti itu y keterlaluan:)

    • Iya mba, kalau dari awal pasang gambar asli ga bakal ada masalah. Banyak olshop tas lokal, ya pasang realpic nya.. Dan laku2 aja tuh yah 😀

      Belum lama ini, beby qhu shop ini pasang lagi foto tas ‘bagus’ itu di pp bbm nya.. Ampuunn X_x

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s