Mpek-mpek.. Nyam-nyaamm.. :D

Hari minggu lagi… Berarti saatnya ngoprek resep lagiii ^^

resep kali ini… Mpek-mpek…. ๐Ÿ™‚

story behind pemilihan resep yah..
Gue tuh sukaaaa banget sama mpek-mpek.. Mulai dari yang dipinggir jalan, di tenda, sampe yang keliling komplek.. Hehehehe.. Tapi, berhubung gue sekeluarga udah ga pernah pake vetsin, msg, penyedap dan sodara-sodaranya, gue mulai berasa mpek-mpek itu terlalu gurih dan bikin keleyengan setiap abis makan.

naaah, kebeneran beberapa minggu lalu, muncul thread mpek-mpek di HHBF, horeeeeee…
*yang mau tau apa itu HHBF, search ajah di fb yak.. ๐Ÿ˜‰

tadinya, mau pake ikan tengiri, waktu ke pasar sama Darrell beberapa hari lalu ada tengiri cakep banget.. Tapi karena hari itu banyak orderan, jadi dipending deh.. Ealaaaahhh ternyata besokkannya malah banjir.. X_x gagal deeeeeehhhh ๐Ÿ˜ฆ
pucuk dicinta ulampun tiba *lah mah pantun* muncullah itu thread mpek-mpek teri basah, yippieee…!! pas belanja, mbakyu sayur langganan juga ternyata bawa teri basah, jadi langsung deh eyke bikin.. ๐Ÿ˜€

ga usah banyak cingcong lagi, ini resepnya, tapiiiiii seperti biasa, di sesuaikan sama isi kulkas emak…
pssssttt… Kali ini isi mpek-mpeknya pakai ciiiiissss ๐Ÿ˜‰

::Mpek-mpek::

Bahan:
125gr ikan giling (saya pake teri medan yg sebelumya di rebus dulu lalu di blender)
125gr tepung terigu
250gr sagu tani/ aci / tapioca
500ml air
8siung Bputih (haluskan)
Garam secukupnya

Cuka:
8 siung Bputih (haluskan),
garam secukupnya,
cabe sekupnya (haluskan),
700ml air,
2sdm kecap manis,
125gr gula merah,
asem jawa 2biji aja.

Cara membuat:
Campur Ikan giling, tepung terigu, garam, Bputih, airย  di masak dengan api kecil sampai tepung berubah warna, angkat dinginkan.
Setelah dingin tambahkan sagu tani/aci aduk sampai kalis n bisa dibentuk. Untuk kapal selam di isi telur, rebus sampai mengambang air rebusan diberi minyak agar mpek2 tidak menempel, tiriskan, goreng.

Cuka* campur semua bahanย  tunggu sampai mendidih n air sedikit berkurang, lalu angkat

Rasanya endes bangeeeettt!! Darrell juga suka, dia bolak-balik nyomot potongan mpek-mpek yang digoreng garing.. ๐Ÿ˜€

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s